Archive Page 3

12
Apr
08

Membuat Termometer

Pendahuluan

Seorang teman jauh menceritakan kepada saya kalo putranya yang sedang duduk di kelas 5 SD lagi senang-senangnya ber-experimen tentang Sains. Menurutnya, si anak menjadi lebih paham dengan melakukan praktek langsung. Trus teman saya ini meminta saya untuk mencarikan artikel-artikel tentang praktek-praktek sains. Tapi jangan kirim via imel, tulis saja di blog, agar bisa saling share katanya.

Bagi saya saran tersebut sangat bagus, dan Alhamdulillah saya merasa mendapat ilmu baru tentang suatu pembelajaran. Kemudian saya mencoba mencari bahan-bahan berkaitan dengan praktek Sains di perpustakaan. Alhamdulillah saya menemukan beberapa dan salah satunya yang saya tulis ini. Praktek yang lainnya insya Allah menyusul. Saya belum tanya ke paman Google. Kalo ada yang tahu info tentang praktek Sains, mau dong dishare 🙂
Buat si “calon proffesor” semoga praktek yang sangat sederhana ini bermanfaat 🙂

Ni..Prakteknya

10
Apr
08

Apa selalu, baca ….. kalo baru mau …..

Saat membaca daftar judul buku yang dibawa seorang sales penerbit, pandangan saya tertuju pada 2 buah judul buku. “Start smart memompa kecerdasan sejak dini” & “Permainan kreatif pengisi waktu luang”. Muncul pertanyaan-pertanyaan di otak saya : yang merangsang kecerdasan anak tu apa aza ya; kok anak-anak ada yang pintar, ada yang lambat daya tangkapnya; kok si A usia segini dah bisa bicara, kok si B usia segini belum bisa?; apa maksud permainan kreatif buat anak ya, masa kecilku dulu permainannya termasuk kreatif ga? hm.. pasti permainan anak-anak di TK termasuk kreatif; berarti tiap permainan ada maksudnya; emang tujuannya apa aza ya ?. Trus.. dan banyak lagi hingga akhirnya saya memutuskan untuk memesan 2 buku tersebut. Untungnya lagi saya langsung memesan ke penerbitnya, sehingga dapat diskon 20 %. Lumayan khan ….

Tiga hari kemudian mas penerbitnya datang ke kantor mengantar pesanan saya. Saat saya mengambil uang untuk membayar, mas penerbit tersebut bertanya, “emang sudah berapa jumlah putra dan putrinya bu ? . Sambil tersenyum saya jawab “Wah… mas, jangankan putra dan putri, wong abinya aza belum terdeteksi dimana rimbanya, he..he..”. Mas penerbit tersebut tertawa mendengar candaan saya. “Maaf mbak, saya lihat dari judul buku yang mbak pesan, saya kira mbak sudah punya putra putri”. “Ga papa mas. Saya memang senang baca buku. Termasuklah tentang psikologi. Buku yang saya pesan ini kan berhubungan dengan psikologi anak. Saya juga punya beberapa literatur tentang pendidikan anak” kata saya sambil memberikan sejumlah uang kepadanya.

Lanjutkan membaca ‘Apa selalu, baca ….. kalo baru mau …..’

25
Mar
08

Keju dan Sepatu Butut

          Si Fulan baru pulang dari luar kota. Seminggu lebih dia meninggalkan istrinya. Sampai di rumah, sang istri yang sudah kangen menyambutnya dengan gembira. Si Fulan pun beristirahat sejenak. Tidak lama, sang istri menghampirinya sambil berkata: “Suamiku, aku mempunyai sepotong keju untukmu”“Alhamdulillah, aku suka keju, karena keju baik untuk kesehatan perut”, kata si Fulan. Si Fulan lantas menyantapnya dengan lahap.

Lain hari si Fulan akan ke luar kota lagi untuk mengunjungi saudaranya. Si istri yang mempersiapkan perlengkapannya melihat sepatu suaminya yang begitu lusuh dan butut. “Mengapa kau tidak mengganti sepatu bututmu dengan yang baru ? apa kau tidak malu? tanya sang istri. Sebenarnya si Fulan ingin sekali membeli sepatu baru, tapi dia tidak memiliki uang untuk membeli sepatu yang bagus.

Terus apa jawabnya ?

18
Mar
08

Teknologi memanjakan …

Teknologi memang memanjakan….

Tapi….

Kadang suka berlebihan 🙂

Bener ga sih…


apa lagi ya… ?

04
Mar
08

Tahukah Anda … ?

Banyak hal-hal yang mungkin kita belum mengetahuinya. Bisa jadi hal tersebut mungkin sangat sepele, tapi mungkin juga hal yang memang jauh dari pengamatan kita. Nah, saya menemukan topik “Tahukah kamu” di sini. Isinya tentang informasi-informasi yang memang patut kita ketahui. Tapi hanya beberapa yang saya kutip.
Bila anda menemukan sesuatu yang menakjubkan, ucapkanlah “Subhanallah…. “. Bila anda merasa mendapatkan ilmu baru, ucapkanlah “Alhamdulillah … “. Dan bila anda merasa ada yang lucu, silahkan tersenyum dan tertawa. tetapi jangan terbahak-bahak, karena dari yang pernah saya baca (lupa dapatnya dimana ) senyum adalah tertawanya Rasulullah salallahu’alaihi wassalam dan terbahak-bahak adalah tertawanya syaiton.
21
Feb
08

Pengamatan Cuaca

Para ahli cuaca kita saling bertukar informasi di seluruh dunia tentang data cuaca. Hingga saat ini para ahli cuaca menyajikan temuan mereka dalam sebuah peta yang disebut synoptic chart (peta sinoptik).

Mereka menggunakan garis-garis yang disebut Isobar untuk menunjukkan daerah-daerah mana yang mempunyai tekanan udara sama. Selanjutnya, internet semakin mempermudah ahli-ahli cuaca untuk mendapatkan informasi.

Dengan menggunakan apakah pengamatan cuaca ini dilakukan ?

Balon dapat memberikan informasi cuaca …

13
Feb
08

Dunia kecilku memang beda

Dunia anak adalah dunia yang sangat menyenangkan. Kembali saya teringat bagaimana masa-masa kecil dulu. Bagaimana masa-masa kecil saat bersama keluarga dan teman-teman bermain. Namun… sekarang ini saya merasa dunia kecil anak-anak sekarang banyak berbeda dengan dunia kecil saya dulu. Seperti 2 diantara peristiwa-peristiwa yang saya temui pada siswa-siswi di sekolah.
Peristiwa 1
Seorang ibu (orang tua murid) bercerita kepada saya tentang putrinya yang baru duduk di kelas 1 SD :
Ika : Ma, ma … Ika dah punya pacar di sekolah, orangnya biasa aja sih Ma
Sang mama sempat terkejut, tapi dia tidak memarahi sang anak, karena kawatir si anak nanti tidak mau curhat lagi (tidak merasa aman).
Mama : Menurut Ika, pacar itu apa sih ?
Ika : Pacar itu ya.. kalo kemana-mana selalu sama-sama. Biasanyakan Ika kalo main, ambil spidol di kantor selalu sama-sama dia. teman-teman bilang itu pacar Ika.

Ingin tahu lebih jauh ? …

02
Feb
08

Internetan di mandriva dengan Hp sebagai modem

Untuk internetan dengan menggunakan hp sebagai modem, terlebih dahulu hp yang akan digunakan harus telah tersetting untuk terkoneksi ke internet. Atau dengan kata lain, anda juga bisa browsing melalui hp anda. Namun, bila hp anda belum terkoneksi ke internet, Saya akan mencoba memberi petunjuk sesuai informasi yang saya dapat 🙂
Setting koneksi internet :

  • Bagi anda yang menggunakan hp Sony Ericsson, anda dapat setting GPRS ke

Lanjutkan bacanya …




a

Yang bersilaturahmi

who's online