Archive for the 'Linux' Category

24
Jan
09

install salafiDB in Mandy

sdb

SalafyDB merupakan suatu perangkat lunak yang berisi informasi-informasi mengenai Alqur’an, hadits maupun artikel-artikel seputar agama Islam, yang dilengkapi fasilitas telusur (search) dan jelajah (browse) seluruh dokumen. Selain itu kita juga bisa membaca dan mendengarkan bacaan ayat Al-qur’an per ayat (recitation) dari file audio yang juga harus didownload.

Untuk informasi lebih lengkap, anda dapat mengunjungi situs resminya di sini dan juga bisa membaca postingan Hyo-San untuk mendapat info tambahan tentang isi software ini

Software ini, selain dapat dinstal di linux juga dapat diinstal di Windows. Untuk menginstal di Windows, anda dapat langsung membaca petunjuk di situs resminya. Sedangkan untuk menginstall di linux, petunjuk penginstalan juga ada di situs resminya, namun saat saya mencoba mengikuti petunjuknya ternyata mengalami kegagalan. Ada beberapa hal yang perlu ditambahkan. Mungkin petunjuknya untuk distro yang lain kali ya 🙄 ,  linux khan banyak distronya 🙂

Lanjutkan membaca ‘install salafiDB in Mandy’

Iklan
25
Sep
08

Upgrade Mainbord, sound bermasalah

Gejala awalnya sih, tiap hidupin kompi, pasti lampu di kompinya hidup, tapi ga ada tampilan di layar. Setelah di reset beberapa kali dengan menekan tombol resetnya agak lama. Baru deh mau jalan. Kadang sampe setengah jam menunggu. Membuatku jadi malas buka kompi di rumah. Kebetulan kemaren ada libur menyambut puasa, jadi ada kesempatan bawa si kompi ke services.

Setelah dicek, ternyata motherboard (mobo) dan RAMnya rusak, ada beberapa bagian yang agak menggelembung. Sehingga harus diganti 😦 . Saya ga tahu pasti apa penyebabnya. Setelah saya cari info, hal itu bisa terjadi bisa dikarenakan oleh tegangan listrik yang kurang stabil. Hm… listrik lagi listrik lagi 😦 . Btw, dulu kompi dan HD di kost rusak juga karena listrik. Padahal saya dah pake Stavol, tetap aza bisa jebol.
Tapi… memang sih, usia mobo saya itu dah sekitar hampir 4 tahunan. Jadi sepertinya memang sudah waktunya diganti.
Alhamdulillah, Power Supply (PSU) nya ga ikutan rusak. Jadi dengan dana yang ada tanpa perencanaan, jadi deh upgrade mobo dadakan. Lumayan juga, kecepatannya lebih tinggi dari yang kemaren.

Saya kira masalah sudah selesai. Ternyata saat buka si Mandy (Mandriva), maksudnya mau dengar murrotal yang memang saya simpan di partisi linux, suaranya ga keluar. Terus saya coba play sound di Kubuntu live cd, ternyata bisa. Kenapa di Kubuntu bisa tapi di Mandy ga bisa ? Dari sini mulai main oprek-oprek si mandy di saat ada waktu luang. Alhamdulillah dibantu oleh pinguin si Pahlawan bertopeng, dengan kesabarannya membimbing, akhirnya berhasil juga 😉 dengan beberapa tahapan percobaan.

Percobaannya … ?

02
Feb
08

Internetan di mandriva dengan Hp sebagai modem

Untuk internetan dengan menggunakan hp sebagai modem, terlebih dahulu hp yang akan digunakan harus telah tersetting untuk terkoneksi ke internet. Atau dengan kata lain, anda juga bisa browsing melalui hp anda. Namun, bila hp anda belum terkoneksi ke internet, Saya akan mencoba memberi petunjuk sesuai informasi yang saya dapat 🙂
Setting koneksi internet :

  • Bagi anda yang menggunakan hp Sony Ericsson, anda dapat setting GPRS ke

Lanjutkan bacanya …

17
Jan
08

Setting Modem internal & Telkomnet Instant di Mandriva

Pada awalnya cukup bingung juga, terutama saat kompilasi dan install driver. Karena di linux, program / software tambahan itu dipaketkan (dikemas) dengan setting yang berbeda-beda sehingga cara instalasinya juga beda. Setelah baca sana-sini, tanya sana-sini, Alhamdulillah berhasil 🙂 .
Di sini saya menggunakan paket rpm untuk module drivernya dan Mandriva 2008. Jadi, kalau kebetulan spesifikasi modem anda sama dengan yang saya gunakan, insya Allah settingan anda akan berhasil 😉
Begini langkah-langkahnya …




a

Yang bersilaturahmi

who's online