09
Jan
09

Kenapa lalat sulit dipukul

Pernah anda mencoba memukul lalat ? Jika pernah mencobanya, anda akan tahu bagaimana sulitnya memukul lalat bahkan meskipun kita mengendap-endap di belakangnya.

Saya jadi tertarik menulis artikel ini setelah menemukan sebuah tulisan tentang tips memukul lalat🙂  Subhanallah… makhluk yang kecil ini ternyata cukup membuat repot manusia. Ini karena kebiasaan buruknya yang suka hinggap di tempat-tempat yang kotor, sehingga bakteri-bakteri menempel di kakinya. Kemudian dia hinggap ke tempat-tempat/makanan yang bersih. Selain itu juga suaranya yang cukup mengganggu bila mulai menggoda orang-orang disekelilingnya. Akibatnya lalat-lalat itu diburu, dipukul, ditepas, tapi sangat jarang berhasil. Mengapa ?

Lalat dalam bahasa ilmiahnya Musca domestica adalah serangga yang gesit terbangnya dan memiliki suara lebih nyaring dari nyamuk. Dari sebuah buku Sains “Mempelajari indera”,

Ada dua alasan mengapa lalat sulit dipukul.

  • Lalat, seperti semua serangga menerima informasi visual/penglihatan dengan sangat cepat. Ini berarti lalat bisa bereaksi dengan sangat cepat.
  • Lalat juga mempunyai mata lengkung yang besar sehingga bisa melihat sekelilingnya dengan baik. Jadi, lalat bisa melihat kamu yang datang dari arah mana pun.
  • Walaupun lalat bisa menghindari pukulan, sebenarnya ia tidak bisa melihat dengan sangat baik. Mata lalat terdiri atas banyak lensa kecil, jadi ia melihat dunia seperti terbuat dari ratusan titik kecil. Gambar di bawah merupakan mata lalat yang dibesarkan lebih dari 100 kali.

    mata-lalat

    Dari sumber lain : Michael Dickinson dari Institut Teknologi California (Caltech) baru, selama 20 tahun meneliti menemukan bahwa lalat dapat mengenali ancaman berdasarkan lokasi. Otaknya akan menghitung seberapa jauh ancaman terhadapnya sebelum memutuskan untuk mengepakkan sayap dan kabur. Setelah memprediksi arah ancaman, kakinya bertumpu untuk terbang ke arah yang berlawanan. Semua persiapan meloloskan diri dapat dilakukannya dengan sangat cepat, hanya 100 milidetik setelah ia mendeteksi adanya bahaya.

    Menurut Dickinson, Ini menunjukkan begitu cepatnya otak lalat memproses informasi sensorik menjadi respons gerakan yang sesuai. Bahkan, lalat mengatur postur tubuhnya sesuai besar ancaman. Artinya, lalat telah mengintegrasikan dengan baik antara informasi visual dari mata dan informasi metasensorik di

    kakinya.

    Maha suci Allah yang memberikan kelebihan pada makhluknya untuk dapat mempertahankan diri.

    *Sains untuk pemula “Mempelajari ndera”, Pakar Raya.


    13 Responses to “Kenapa lalat sulit dipukul”


    1. 1 tux
      Januari 9, 2009 pukul 7:50 pm

      Masak seh….
      Aku sering lho nangkap lalat pakai tangan kosong, biasanya setelah ketangkep akan kupotong sayap nya agar gak nganggu, lalu kulepaskan…. (agak kejem seh, dan kulakukan hal yang sama dengan nyamuk yang berhasil kutangkap)

    2. Januari 10, 2009 pukul 6:57 am

      nice info..jadi nambah ilmu niiyh..
      terimakasiih..

    3. Januari 17, 2009 pukul 3:07 pm

      Mmm… mungkin asal muasalnya istilah “jelalatan” dari ini juga ya. Bisa ngeliat akhwat cakep di sudut arah pukul 3 lebih 13 menit tanpa nengok…:mrgreen: *bukan pengalaman pribadi loh🙄 *

      @ tux:
      Wah, kungfu-nya tinggi man…😯
      Boleh nih ane berguru…😉

    4. Januari 22, 2009 pukul 5:22 pm

      Hah …
      Ini tulisan simple tentang “lalatology”
      tapi sangat berguna …

      Pengetahuan saya bertambah …

      Thanks ya …
      (ah lama sekali saya tak jalan kesini …)

    5. 7 yuri
      Juni 4, 2009 pukul 11:16 am

      wah,ternyata lalat itu keren

    6. Juni 11, 2009 pukul 10:54 pm

      subhanallah,jadi pingin punya kaca mata kayak mata lalat

    7. Juli 8, 2009 pukul 2:09 pm

      subhanalloh,,,,
      itulah keajaiban penciptaan alloh SWT

    8. September 1, 2009 pukul 4:58 pm

      bener olive, mukul lalat itu susah bener .. geram rasanya ..
      kemarin tuh padahal sudah kejar2 pake raket nyamuk tetep aja gak bisa dapet ..
      ternyata itu toh alasannya ..
      Dia memang hebat ya .. Subhanallah ..

      Iklan Baris

    9. 11 VONNEY
      November 25, 2010 pukul 9:21 pm

      thankyu informasinya.
      tpi kdang lucu klo nangkap lalat,trus ga dpat.
      emosi n gregetennya di padukan jdi satu,seru abiz….

    10. Agustus 5, 2011 pukul 10:18 am

      tapi ada yang bilang alo malam hari lalat buta bener ga seee…

    11. Desember 3, 2013 pukul 11:49 am

      bener banget gan,, pantesan lalat sering kemana” dan ada dimana-mana.


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s


    a

    Yang bersilaturahmi

    who's online

    %d blogger menyukai ini: