25
Nov
08

Pemecahan masalah & otak

Pemecahan masalah adalah salah satu latihan favorit otak. Pemecahan masalah menyebab kan terbentuknya sinapsis-sinapsis, teraktivitasnya zat-zat kimiawi, dan meningkatnya aliran darah. Para peneliti menyatakan bahwa otak hanya belajar ketika berhadapan dengan suatu masalah (ditempatkan dalam suatu kebingungan). Ketika kita menemui situasi-situasi rutin, kita hanya mengulangi program-program yang tersimpan (pola-pola yang telah dipelajari). Hal ini disebut replikasi kebiasaan dan menurut para peneliti hal itu menghambat pembelajaran baru. Adanya masalah akan memaksa kita memikirkan ulang program-program dan pola kita dan dengan demikian kemungkinan pembelajaran baru pun muncul.
Para peneliti menyatakan bahwa ketika pembelajar ditempatkan dalam suatu kondisi tegang, terkejut, dan tidak pasti, ia dapat mengembangkan pemahaman isi yang lebih baik. Hal itu mendukung gagasan bahwa masalah dapat menciptakan kesempatan bagi pembelajaran baru.
Pemecahan masalah secara alamiah akan meningkatkan penghargaan pada diri sendiri (self-stream). Pikirkan tentang betapa senangnya Anda ketika berhasil memecahkan masalah🙂

Tips for you & kids

  • Pemecahan masalah biasanya berarti menemukan gagasan-gagasan baru atau berbeda. Pastikan anda dan anak-anak mengalami banyak pengalaman berbeda.
  • Bacalah cerita-cerita yang berfokus pada pemecahan masalah. Evaluasi pemecahan-pemecahan dalam cerita tersebut.
  • Bacakan cerita-cerita yang menghadirkan permasalahan. Berhentilah setelah masalah berhasil dikenali dan ajak anak-anak untuk berdiskusi mengenai pemecahannya.
  • Sediakan kesempatan bagi anak-anak untuk membandingkan dan menemukan perbedaan dari cerita-cerita, aktivitas-aktivitas, permainan-permainan, serta konsep-konsep Misal membandingkan dua cerita “Kancil dan Gajah” dengan “Kancil dan Harimau”. Atau ajukan pertanyaan semisal, apa bedanya Kancil dengan Gajah ?
  • Ajukan pertanyaan-pertanyaan ‘bagaimana jika’. Bagaimana jika anak-anak harus mengurus orang tua, bagaimana jika kuda bisa menunggangi orang?
  • Contohkanlah pemecahan masalah. Bicarakan bersama anak masalah-masalah dan cara pembuatan keputusan yang terkait jika memungkinkan.
  • Bermainlah ‘asah otak’ dan teka-teki, perkenalkanlah pada anak-anak.
  • Ketika terjadi ‘masalah anak’ biarkan mereka menyelesaikannya. Contohnya ada minuman tumpah, biarkan anak-anak bereksperimen dengan beberapa cara membersihkannya (spons, lap piring, tisu, dan lain-lain).
  • Ketika anak-anak menanyakan pertanyaan ‘mengapa’ dorong mereka untuk memikirkan jawaban-jawaban yang mungkin. Contohnya, ketika senter mati, bimbing mereka pada kesimpulan bahwa senter itu mungkin kehabisan baterai dan bukannya menjawab ‘barangkali senter itu perlu baterai baru’.

Start Smart (Memompa kecerdasan sejak dini), Pam Schiller, Erlangga For Kids


7 Responses to “Pemecahan masalah & otak”


  1. Desember 9, 2008 pukul 4:34 pm

    …pada diri sendiri (self-stream)…

    Maksudnya mungkin “self esteem”?

    Perkenankan daku nyumbang:
    1. Ke mana perginya barang-barang yang hilang?
    2. Lebih dulu mana, ayam atau telurnya?

    Nah, yuk senam otak…:mrgreen:

    Jawab
    1. Tanyakan pada rumput yang bergoyang
    2. Kata temanku sih ayam. Soale waktu telur dijatuhin dari langit pecah, terus dijatuhin ayam dari langit, ayamnya terbang nyampe di bumi:mrgreen:

  2. Desember 18, 2008 pukul 9:17 am

    yup betul sekali mbak, ada rasa puas ketika kita berhasil memecahkan masalah. ada yg menyikapi rasa puas kepada hasilnya dan ada juga kepada prosesnya. nah, yang kedua ini yang paling baik.

    @hyorinmaru
    jawab:
    1. hayo ngaku mas! sampeyan yg ngambil toh?
    2. pertanyaan klasik tuh mas, jawabannya klasik juga: ayam dulu coz yg pertama disebutin ayam dulu. klo pertanyaannya diganti: telur dulu atau ayam dulu? jawabnya: telur dulu. gitu…

  3. Januari 3, 2009 pukul 5:41 pm

    silahkan kunjungi website kami… di http://pedagangmuslim.com Semoga bermanfaat

  4. 4 Vidya Alkaff Fitriyanto
    April 21, 2009 pukul 12:53 pm

    PELUANG USAHA Dibutuhkan Dealer/Agen pulsa elektrik hanya denga Rp 50.000 anda bisa buka usaha sendiri Hubungi PMReload di 0274 3042111

  5. Februari 5, 2010 pukul 2:09 pm

    Menurut saya selama itu semua tidak keluar dari Sariat Islam sih Oke-oke saja dari melakukan hal yang kriminal merugikan orang lain, namun satu hal apakah diakhir nanti tidak akan ada tuntutan apa-apa

  6. Februari 5, 2010 pukul 2:10 pm

    Menurut saya selama itu semua tidak keluar dari Sariat Islam sih Oke-oke saja daripada melakukan hal yang kriminal merugikan orang lain, namun satu hal apakah diakhir nanti tidak akan ada tuntutan apa-apa

  7. Juli 22, 2011 pukul 4:14 pm

    wah hbat, prkmbangan zaman.. skarang udah ada pemecahan masalah dan otak.. nice..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


a

Yang bersilaturahmi

who's online

%d blogger menyukai ini: