19
Jun
08

Lupa…Bukan mauku

Lupa…
“Maaf, saya lupa”

Ya..gitu deh. Hanya jawaban itu yang dapat diberikan. Habis gimana lagi. Namanya juga lupa. Saya kira ga ada yang mau lupa. Kalau boleh memeriksa buku agenda, pasti tidak ada yang menjadwalkan untuk lupa, he..he…

Kalau lupa akan hal-hal ringan sih, paling hanya ungkapan penyesalan ringan juga dan masih bisa ditoleransi. Tapi… kalau berkaitan dengan hal-hal penting, ini bisa jadi masalah. Selain rasa penyesalan secara pribadi juga antar pribadi. Kalau mau coba bercermin pada diri sendiri, saya kira kita tidak akan mau disalahkan dengan kelupaan kita. Karena kelupaan itu bukan direncanakan, sehingga seperti diluar jangkauan. Kalau coba berempati, tentu kita jadi bisa memaklumi kelupaan yang terjadi pada orang disekitar kita. Maklum deh… maklum… (CMIIW)

Saya punya pengalaman yang cukup lucu saat masih di yogya..

Waktu belanja dari malioboro dengan teman pake motor (Deno’ nama motornya). Di Kusumanegara singgah ke counter hp buat beli pulsa. Terus lanjut pulang. Dalam perjalanan, kok kepalaku rasanya ringan ya… seperti ga ada beban? Tiba-tiba saya ingat helm yang saya pake (waktu itu masih pake helm kerupuk), seingat saya tadi di counter saya lepas sebentar. Helmnya dah nempel di kepalaku lagi atau tinggal di sana ya.. ? Karena membawa belanjaan, saya tidak dapat meraba helm. Saya langsung panik. “Wat, helmku tinggal di tempat beli pulsa. Wati langsung berhenti dan mau memutar motor untuk kembali ke tempat beli pulsa. Saat motor berhenti, saya coba raba kepala saya. Ternyata helmnya masih ada. “Eh..ada Wat helmnya, he..he…
Wati juga ikut tertawa  :mrgreen: Hampir saja kembali ke sana.

Pernah juga waktu di Gejayan, pergi bertiga sama Deno’ juga. Lupa waktu itu dari mana. Dalam perjalanan pulang, saya merasa seperti ga pake kacamata (soalnya kalo di rumah sering dilepas). Karena ada bawaan dan Deno’ melaju, jadi tangan ga bisa meraba kacamata. Saya coba gerakkan mata saya ke kiri, kanan, atas, bawah, tapi ga ada kelihatan frame kacamata sedikitpun. Kontan panik dan agak sedikit teriak. “Wat, kacamataku hilang !. Yang benar… coba periksa dulu. Kecepatan Deno’ agak dikurangi. Saya coba meraba kacamata, ternyata masih ada. He..he..ada Wat. Ketawa bareng deh jadinya 🙂

Kenapa ya.. kadang saya juga suka lupa? mungkin dah keracunan MSG kali ya …🙂 Saya pernah baca artikel kalo MSG juga bisa menyebabkan berkurangnya daya ingat atau cepat lupa. Makanan di rumah sih, insya Allah aman. Tapi…. makanan di luar, ga jamin deh !
Teman saya bilang “Makanya makan pegagan”. Apa tuh pegagan ? Pegagan itu tanaman herbal yang bisa memperkuat daya ingat dan mencerdaskan otak.
Di halaman belakang rumah saya sih ada tuh pegagan. Tapi… tumbuhnya di sekitar kandang ayam dan septik Tank. Jadi takut mengambilnya🙂.

Berikut pendapat beberapa teman berkaitan dengan kelupaannya :
A : Saya kalau punya hutang sama orang selalu ingat, tapi suka lupa sama yang punya hutang sama saya.
B : Kalau keasyikan kerja saya suka lupa makan. Ingatnya saat perut keroncongan
C : Kalau lupa , aku sering diomelin istriku. Katanya, kalau tarik nafas aza ga pernah lupa.
D : Saya sering lupa kalo pikiran lagi kacau.

Arba’in
Imam An-Nawawi
Dari Ibnu Abbas” Sesungguhnya Allah telah mema’afkan kesalahan-kesalahan umt-Ku yang tidak disengaja, karena lupa dan yang dipaksa melakukannya” HR. Ibnu Majah


24 Responses to “Lupa…Bukan mauku”


  1. Juni 20, 2008 pukul 9:45 am

    hahah.. sama tuh. saya juga sering lupa kalau ngak bawa helm. tp yang sadis dulu, pernah lupa naruh hp dimana dan team saya pernah lupa nyabut kunci motor. alhasil, sampai siang kuncinya kegantung di motor. masih untung ngak ilang.

  2. Juni 20, 2008 pukul 11:03 am

    wah mbak, jangan-jangan virusnya udah nyebar di jogja!!!
    *panik*

  3. Juni 20, 2008 pukul 11:25 am

    Ttg contoh di atas…
    Si A itu seperti saya.
    Si B juga, saya seperti itu, tapi saya keroncongannya baru setelah kerja selese…😀
    Kalo si C, beda bgt ama saya secara saya gak punya istri😆
    Si D, hampir tiap orang gini deh kayaknya😉

  4. Juni 20, 2008 pukul 3:39 pm

    wah, mosok kacamata gak kerasa waktu make??😆 dah gejala2 neh, kayak aku juga.

  5. 5 Febra
    Juni 20, 2008 pukul 9:03 pm

    asal jangan lupa bayar setelah makan di warung makan orang lain, hehehe

  6. Juni 20, 2008 pukul 11:24 pm

    maaf ya lupa blogwalking🙂

  7. Juni 21, 2008 pukul 5:34 am

    Haa.. lupa blogwalking?🙄
    Mana mungkiinnnn…😆

  8. Juni 21, 2008 pukul 6:18 am

    @hyorinmaru
    banyak kerjaan kali mas

    si A biasanya punya banyak teman. klo saya kebalikannya, suka ingat sama orang yg pinjam uang ke saya, kenapa ya?

  9. Juni 21, 2008 pukul 8:06 am

    @ harfianto
    Kalo lupa naruh hp, tinggal di miskol aza pake hp yang laen🙂

    @ Rahma
    Iya mbak, sampe sekarang masih terkontaminasi virus jogja

    @ Hyo-San
    Saya mirip sama tipe A,B, D.
    Makanya kalo punya hutang selalu ingat. Tapi sekarang lagi binun nih mao bayar hutang. Belum diberi nomor rekeningnya:mrgreen: mumpung masih bernyawa.

    @ fisha17
    Temenku sampe bilang, mungkin dah sehati sampe kacamata aza ga terasa lagi🙂

    @ Febra
    Insya Allah ga deh😉

    @ yellashakti
    Saya juga kadang lupa. Namanya tetangga blogger khan bukan hanya 1, 2, 3 aza🙂

    @ herr
    Kalo suka ingat sama orang yang pinjam uang, mungkin persediaan lagi menipis mas🙂

  10. Juni 21, 2008 pukul 11:19 am

    hueheuheu

    saya juga gampang banget lupa hal hal yang kecil kecil

    atau malah kadang kalo misalnya dari luar kamar masuk ke kamar dan kalau udah sampe lupa “tadi mao ngapain ya?” hehe

    kalo kata ibuku “kebanyakan dosa sih…”

    heuhhh

    istigfar… istigfar…

  11. Juni 21, 2008 pukul 7:39 pm

    @ Herr:
    Ng… saya punya utang ke mas Herr gak?
    Oh iya, waktu dulu itu khan… nasgor…🙄
    Hehe, jadi gak enak ati nich😆

    @ Olive-chan:
    Binun mao bayar utang?
    Rekening?
    Ke saya aja…🙄
    Hehe… dibayar klo barang diterima ajah; klo barang udah di tangan kita tp lom (bisa) bayar baru binun:mrgreen:
    Mmm…😉

    @ Natazya:
    Bisa juga; bener…
    Banyakan dosa.
    Makanya jgn blogwalking trus…😀 *nyindir diri sendiri*

  12. Juni 21, 2008 pukul 7:43 pm

    Owh, lupa mo cerita… *nah lupa juga toh*
    Ini tadi mo berangkat ke skul, lupa kunci motor di mana, padahal udah mo nyalain motor. Biasanya naro’ di tempat ikat pinggang kanan, yg terdepan. Tempat ikat pinggang loh, bukan ikat pinggangnya *apa sih sebutannya*.
    Enak nggantungin kunci motor d situ.
    Nhaa… rupanya lupa, sebelumnya (siangnya) naro’ kunci motor di tempat yg sama, tapi di sebelah kiri. Tjuabpeeee deh nyarinya😆
    Udah balik ke kamar lg dsb…😳

  13. Juni 21, 2008 pukul 8:32 pm

    @hyorinmaru
    nasgor❓ kapan ya kita makan nasgor, nggak ada hutang kok mas…

    oh iya saya jg mau cerita, sepekan yg lalu saya kan ngenet di warnet dengan bersepeda. pulang2 langsung ngeloyor aja jalan kaki, sepedanya lupa ketinggalan. baru inget pas mo tidur. dah ngantuk jadi ngambilnya keesokan harinya, alhamdulillah sepeda saya baik2 saja.

  14. Juni 21, 2008 pukul 9:51 pm

    @ Herr:
    Becanda aj…😀
    Huhu, untung sepedanya utuh, mungkin karena “ah, cuma sepeda aja koq”🙂
    Tapi untunglah, kalo motor malah lum tentu tuh:mrgreen:

    Sak bejo-bejone wong lali, isih slamet wong sing eling lan waspodo.

    Translation into Indonesia:
    Seberuntung apa pun orang yang lupa, masih selamat orang yang ingat dan waspada.
    Glossaries:
    – bejo = untung, beruntung; “o” dibaca seperti pada “kuno”, bukan seperti pada “sawo”.
    – lali = lupa.
    – eling = ingat.
    – waspodo = waspada; “o” juga dibaca seperti keterangan di atas.

    *halah…*:mrgreen:

  15. Juni 21, 2008 pukul 9:53 pm

    Eh, ralat…
    Yang betul: Sak bejo-bejone wong lali, isih bejo wong sing eling lan waspodo.

  16. Juni 21, 2008 pukul 9:54 pm

    Nah, itulah contoh lain daripada lupa.
    Tapi saya tak lupa untuk hattrick…:mrgreen:

    *uwis ah, kesenengen Olive-chan*

  17. Juni 22, 2008 pukul 9:21 pm

    Wah pembahasan lupa ya, kalau di tempat kerjaku, jika bilang “lupa”, bisa gawat.

    Oh iya, Saya juga tipe A,B dan D.
    apalagi sekarang, sering lupa, tapi semoga gak sampai parah😀
    untuk C masih belum, karena belum punya istri.

  18. Juni 23, 2008 pukul 9:49 am

    saya punya 2 tips kalo pingin ingatannya bagus nih mbak:
    1. Rajinlah senam otak sekitar 10-20 menit seshari
    2. Sering sholat malam

    nah kalo make alat bantu itu (seperti alarm, catatan dsb) sifatnya hanya sekedar membantu aja.

  19. Juni 23, 2008 pukul 1:01 pm

    alo.
    tolong post comment di http://stmikptk-alumni.blogspot.com/
    bagi yang alumni dari STMIK

  20. Juni 23, 2008 pukul 1:52 pm

    @ natazta
    Saya kadang gitu kalo saat menuju kamar lagi mikirin hal lain😉

    @ Herr
    Jangan-jangan selama ditinggal, sepedanya sempat ngenet juga😀

    @ Hyo-San
    Ah…Hyo-San…. Coba posting aza kamus bahasa Jawa. Aq ada lho kamusnya, pake delphi tapi. Ya.. namanya juga delphi minded😀

    *uwis ah, kesenengen Olive-chan*
    Orang nyampah kok seneng😛

    @ Tux
    Gawat kenapa mas? kena denda juga🙂

    @ Aprina
    Syukron ya mbak…
    Sholat malam memang terbukti bisa mengatasi kepikunan.
    Kalo senam otak tu gimana ya❓ apa dengan membaca yang membuat kita jadi berpikir.

    @ Heka
    Ocre …

  21. Juni 27, 2008 pukul 7:37 am

    Banyak baca agar kita dapat mengasah otak kita dan tidak mudah lupa😉

  22. Juni 29, 2008 pukul 10:45 am

    Lupa? sudah kodrat manusia Jeng. Salah satu hal yang harus kita terima dan sadari. Untuk meminimalisirnya saya biasa membuat catatan kecil, atau pesan singkat yang saya save dihandphone. mudah2an membantu..

  23. Juni 29, 2008 pukul 4:57 pm

    @Olive chan
    iya, bisa kena denda😀

  24. Juni 30, 2008 pukul 1:07 pm

    senam otak bisa membantu mengoptimalkan seluruh sel otak manusia, menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri yang kduanya bisa berdampak luar biasa. banyak kok mbak buku atau CD yang bisa jadi panduan senan otak.
    Kalo menurut saya dengan senam otak bisa lebih Cling…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


a

Yang bersilaturahmi

who's online

%d blogger menyukai ini: