22
Apr
08

Batuk uhuk…uhuk..

Batuk tu apa ya…. Katanya tante Wiki sih Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernafasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Bener kata orang, kesehatan itu adalah harta yang paling mahal. Saat sakit gini baru deh ingat akan nikmatnya sehat.

Seperti yang kurasakan saat ini, uhuk..uhuk… Sebelumnya sih kena radang tenggorokan. Trus suara hilang 75%. Trus … jadi uhuk-uhuk. Saat kerja di kantor, lagi asyik ngetik, tiba-tiba kena serangan batuk hebat. Mana pake acara keluar air mata segala lagi. Saya baru sadar, ternyata kipas angin hidup yang dihidupin cleaning servis tadi pagi saat bersihin ruangan. Trus saya matiin. Batuknya jadi agak reda. Hm… jadinya ga bisa kena kipas angin dikit, langsung kena serangan batuk. Segelas air putih juga selalu menemani. Dikit-dikit minum buat basahi kerongkongan. Kalo mo sholat juga harus nunggu batuknya agak reda.

Teman-teman pada nanya “ga ke dokter ?”. Adik juga bilang “batuknya jangan dibiarin” sambil nawarin juga mo ngantarin ke dokter. Saya hanya jawab “males ke dokter”. Untungnya Bapak ada agenda ke dokter buat chek up. Jadi saya hanya titip obat aja. “Pak, tolong mintakan obat batuk sama dokternya ya..”. Saat bapak pulang, saya dapat kebagian obat titipan juga. Obat batuk sirup herbal sama kapsul antibiotik. Ya..Alhamdulillah, ada sedikit perubahan. Setelah minum obat, suara yang hilang tinggal 15 %. Tapi batuknya belum juga reda, padahal sudah memasuki hari ketiga minum obat.

Tadi malam lebih hebat lagi. Saya heran juga, kok tiap posisi tidur batuknya makin hebat. Tapi kalo dalam posisi duduk, batuknya agak reda. Jadi bingung. Mana nih mata sangat ngantuk lagi. Akhirnya saya coba tiduran sambil duduk bersandar. Tapi tetap batuk juga. Trus saya coba duduk ga bersandar sambil mejamin mata. Duh..sedihnya😥

Namun ga tahan juga dengan posisi begitu. Akhirnya saya coba tidur sambil pake syal. Yah..biarlah batuk terus, ntar juga kalo nyenyak bakalan berhenti. hiks..hiks..😦
Tapi..sekitar jam setengah dua batuk menyerang lagi. Saya jadi bangun langsung duduk. Trus minum air putih. Saya coba minum sirup herbal yang mengandung eucalyiptus oil sambil mengurut leher agar batuk reda. Tapi.. tetap juga batuk ga berhenti. Hingga air mata keluar. Akhirnya saya kehabisan akal ga tahu lagi apa yang harus diperbuat agar batuk dapat berhenti. Mo sholat juga ga mungkin dalam kondisi begini. Akhir dari segala usaha saya pasrah, saya mohon kepada Allah dalam hati “ Ya Allah berilah kelegaan pada tenggorokanku”. Karena saya yakin Allah pasti menolong hamba-Nya yang teraniaya. Terus saya minum air putih trus tidur. Alhamdulillah batuknya berhenti, hingga sampe sholat subuh ga muncul lagi. Subhanallah.

Terus saya mempertegas diri sendiri untuk menghindari pencetus munculnya batuk seperti :
Minuman es, es teller, ice cream walls (duh…beratnya …. :-(  ). Makanan/cemilan gorengan (semoga bisa🙄 ). Tidak kena angin atau berada dekat kipas angin (ho ho.. ini pasti bisa🙂 ). Menghindari asap rokok (Ini sih pasti bisa, Saya memang sangat benci sama rokok. Alhamdulillah di kantor memang dilarang keras untuk merokok).


16 Responses to “Batuk uhuk…uhuk..”


  1. April 23, 2008 pukul 7:49 am

    pertam..uhuk…uhuk..uhuk…

    ehmm… ada resep yang mujarab nih buat ngilangin batuk: jeruk nipis plus kecap, alami tanpa bahan pengawet. caranya tinggal peras jeruk nipis secukupnya di sendok terus ditambah kecap dan aduk sampai merata. bisa mbak olive coba.

    uhuk…uhuk…uhuk…

    Iya mas, syukron resepnya.
    Saya biasanya ga pake kecap lagi, langsung aza diperasin masuk ke kerongkongan. Tapi sekarang jeruk nipisnya lagi susah dapet. Adanya di pasar besar. mana sempat…..🙂
    Kalo jeruk pontianak banyak mas, he..he…

  2. April 23, 2008 pukul 3:48 pm

    mbak, makasih kunjungannya, alhamdulillah tambah temen lagi…hehehe…(biar gak jadi orang lemah..nyontek kata mbak nih…)
    batuk….mmmm…..minum air putih yang banyak, tambah vit c yang rajin, istirahat, jangan bisik2 (krn katanya memperparah serak).
    Nge blog aja….hehehe

  3. April 23, 2008 pukul 4:23 pm

    betul banget , saya setuju sekali
    pencegahan lebih baik daripada mengobati

  4. April 23, 2008 pukul 7:38 pm

    hati hati loh kadang batuk bisa jadi pertanda sakit🙂

  5. 5 tux
    April 23, 2008 pukul 7:41 pm

    Yupz, pencegahan dini lebih baik, jadi kalau kelihatan kondisi badan sudah tidak menuntungkan, langsung makan banyak sampai perut kenyang dan tiduuur.
    lalu setelah sholat shubuh, makan sampai kenyang lagi dan tiduur.
    nah, pas pagi mau berangkat kerja, badan terasa enak lagi.
    Resepnya cuman banyak makan, Tapi mungkin resepnya hanya cocok buatku :))
    ALhamdulillah resep diatas cocok buatku dan gak bikin tubuhku gemuk, dan malah heran, padahal banyak makan, tapi tetap kurus.😛

  6. April 24, 2008 pukul 2:50 am

    Saya kalo batuk harus minum es, soalnya Insya Allah sembuh..

  7. April 24, 2008 pukul 8:49 am

    @ rhainy
    Terima kasih dah mengingatkan saya. Memang.. saya dah jarang bahkan ga pernah beli Vit C lagi. Di Friendster saya pasang emoticon “i’am not saying”🙂

    @ realylife
    Ia..kalo saya sekarang mengobati dulu lebih diutamakan, he..he..

    @ uwiuw
    mm… iya sakit batuk🙂

    @ Tux
    Enak ya mas, ga perlu minum obat lagi dunk🙂

    @ diorockout
    Wah… unik, saya baru dengar🙂

  8. April 24, 2008 pukul 7:38 pm

    Owh, ada yg kaya’ saya… musti minum es…:mrgreen:

    @ diorockout:
    Mungkin kita masih satu spesies-kah?😀

    @ Olive-chan:
    Semoga lekas sembuh…🙂

  9. 9 Febra
    April 24, 2008 pukul 11:25 pm

    waduh..biasanya kalau ada debu2 itu saya sering batuk tapi lebih sering bersin😀

  10. April 25, 2008 pukul 9:03 am

    tidak juga, itukan hanya tahap pencegahan.
    kalau sampai sakit batuk, tetap harus ditambah minum Nutrisari (vit C), tapi kalau sampai parah, harus minum jamu (gak suka minum obat, takut efek samping) 😀
    Tapi jika sampai sakit, akan lebih banyak makannya, bisa sampai 5 atau 6 kali dalam sehari.
    memang terlihat aneh, tapi saya suka memberi sugesti terhadap diri saya agar jika sakit akan lebih banyak makannya, dan sekarang sudah jadi kebiasaan😀

  11. April 25, 2008 pukul 1:10 pm

    @ Hyo-San
    Kalo lagi emosi trus diminumin es, bisa dingin ga:mrgreen:
    Jazakallah doa’nya. Alhamdulillah dah mendingan

    @ Febra
    Waspada dengan masker🙂

    @ Tux
    Hm..walau sakit, nafsu makan justru bertambah ya…
    Han..neh…🙂

  12. April 26, 2008 pukul 2:20 am

    @ Olive-chan:
    Bisa.
    Khan suka es; orang klo dikasi yg dia suka, khan seneng atinya😉
    Es-nya kirim via koment ke my blog ya, ato attachment email jg ok:mrgreen:

    aha… jadi dapat idea💡
    jadi pengen nulis minuman es. Tapi belum praktek jadi ga ada skrinsutnya🙂

  13. April 26, 2008 pukul 7:09 am

    Innalillah… syafakillah ya….
    Say juga kemaren gitu, saya sengaja gak ke dokter…. mau yang alami aja…
    Dikasih temen teh rosellah, teh sudan…. udah pernah nyoba?
    Bagus tuh… rasanya kecut-kecut gitu…. asyik….
    coba deh…. badan juga jadi seger….

    Saya juga baru selesai minum mbak. Salah satu khasiatnya bisa meredam batuk🙂 . Sekarang memang pengennya yang serba alami

  14. April 30, 2008 pukul 10:49 am

    wahh..lg sakit toh. Biasanya saya minum vitamin C dosis tinggi, sop jahe ayam kampung, trus tidurr.. biasanya sih cepet semuh, kalau gak ada sakit yg lainnya lagi..cpt sembuh yaa

    Kemaren saya memang kurang minum vitamin C. Tapi sekarang saya lagi senang minum teh Rosella yang kaya vitamin C juga. Terima kasih doa’nya. Alhamdulillah dah sembuh sekarang🙂

  15. 16 M Rahmat Gunawan
    Juni 7, 2008 pukul 1:04 pm

    Obat yang serba alami memang yang paling aman untuk digunakan, disamping murah kita juga mencoba mengoptimalkan obat yang telah dianugerahkan Alloh di sekitar kita.


Tinggalkan Balasan

a

Yang bersilaturahmi

who's online

