04
Mar
08

Tahukah Anda … ?

Banyak hal-hal yang mungkin kita belum mengetahuinya. Bisa jadi hal tersebut mungkin sangat sepele, tapi mungkin juga hal yang memang jauh dari pengamatan kita. Nah, saya menemukan topik “Tahukah kamu” di sini. Isinya tentang informasi-informasi yang memang patut kita ketahui. Tapi hanya beberapa yang saya kutip.
Bila anda menemukan sesuatu yang menakjubkan, ucapkanlah “Subhanallah…. “. Bila anda merasa mendapatkan ilmu baru, ucapkanlah “Alhamdulillah … “. Dan bila anda merasa ada yang lucu, silahkan tersenyum dan tertawa. tetapi jangan terbahak-bahak, karena dari yang pernah saya baca (lupa dapatnya dimana ) senyum adalah tertawanya Rasulullah salallahu’alaihi wassalam dan terbahak-bahak adalah tertawanya syaiton.

Tahukah Anda ….

  1.  Rata2 waktu yg dibutuhkan orang dari mulai memejamkan mata hingga tidur adalah 7 menit.
  2. Ketika kita tersenyum,kita menggunakan 17 otot yg berbeda..
    Ketika kita cemberut, kita menggunakan 43 otot yg berbeda..
    Jadi, lebih mudah tersenyum, daripada cemberut kan???….
  3. Mengapa Daging Ikan Berwarna Putih?
    Karena ikan tidak memiliki banyak darah, dan yang sedikit itu pun sebagian besar terpusat dalam insang.
  4. Tahukah kamu kalo udang itu kepalanya berisikan kotorannya, makanya orang yang kurang pintar disebut si otak udang
  5. Lebah menggunakan tarian yang khas untuk mengatakan kepada lebah lain tentang letak sumber makanan
  6. Jaring laba-laba diyakini lebih kuat daripada baja. Militer Amerika Serikat pernah berencana membuat jaket anti peluru yang dibuat dari pintalan jaring laba-laba.
  7. Kerusakan otak akan terjadi jika suhu badan meningkat melebihi 41 derajat celcius.
  8. Jika anda menjerit selama delapan tahun, tujuh bulan dan enam hari, anda dapat menghasilkan tenaga yang cukup untuk memanaskan secangkir kopi.
  9. Ternyata dari hasil penelitian bahwa makan terlalu banyak Protein dan garam dapat mengakibatkan penipisan kalsium pada tulang
  10. Jika seorang manusia mampu buang angin (kentut) secara konstan selama 6 tahun 8 bulan, maka energi yang dihasilkan setara dengan energi yang dihasilkan bom atom
  11. Tahukah kamu bahwa IQ [tingkat kecerdasan] bayi yang diberi ASI lebih tinggi 5 angka daripada bayi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini ditetapkan bahwa ASI yang diberikan hingga 6 bulan bermanfaat bagi kecerdasan bayi, dan anak yang disusui kurang dari 8 minggu tidak memberikan manfaat pada IQ.
  12. Gajah adalah satu-satunya hewan yang tidak bisa lompat.
  13. Lebih banyak jumlah ayam dari pada manusia di dunia. bener tuh, di rumahku aza ayamnya 20-an, penghuni rumahnya hanya 7 orang🙂 )
  14. Air Liur manusia dikatakan sangat mujarab untuk mengobati luka di kulit atau luka terbakar. Bukan cuman manusia. Hampir semua mamalia darat, air liurnya berfungsi sebagai zat yg mempercepat pembekuan darah. Makanya binatang apabila terluka akan dijilatinya.
  15. Kenapa kaca depan mobil tidak pecah berserakan?
    Kaca depan mobil sesungguhnya seperti sebuah roti lapis, dengan kaca sebagai sepasang roti yang tengahnya diisi dengan sejenis plastik bening elastis. Ketika sebongkah batu mengenai kaca depan, sebgian besar kepingan kaca tetap melekat pada plastik dan inilah yang menyebabkannya tidak berserakan.
  16. Penelitian di amerika menyebutkan bahwa orang yg berbadan tinggi dan berkulit putih itu mempunyai pendapatan lebih tinggi ketimbang orang yang berbadan pendek atau berkulit hitam
  17. Tahukah kamu cahaya matahari tidak pernah mencapai kedalaman 200 m. Namun pada kedalaman yang paling gelap, sekitar ribuan meter di bawah permukaan laut, beberapa ikan memiliki tubuh yang dapat berpendar.
  18. Limbah aluminium bekas pasta gigi di dunia dalam setahun setara dengan alumunium yang dibutuhkan untuk membuat 3 pesawat
  19. Unta dapat bertahan hidup hingga 8 hari pada suhu 50 derajat C tanpa makan dan minum. Ketika menemukan sumber air, unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu 10 menit. Ini berarti 130 liter dalam sekali minum. Jika dalam sehari kalian mampu meneguk 10 gelas air minum, misalnya, maka unta dapat meminum sekitar 120 gelas air dalam waktu 10 menit. Air ini disimpan dalam bentuk lemak pada punuk unta.
  20. Menara miring di Pisa Italia, menjadi demikian karena salah desain. Arsiteknya, Bonanno Da Pisa, melakukan kesalahan saat membangun menara itu di tahun 1174. Kesalahannya adalah mendirikan pondasi cuma sedalam 3 meter. Bisa dibandingkan dengan tinggi menara yg mencapai 56 meter. Akibatnya, di tengah pelaksanaan proyek, tanah di sekitar menara bergeser, dan menara itu menjadi miring, sehingga

    proyek harus dihentikan. Proyek pembangunan dilanjutkan kembali dan selesai di tahun 1350, dengan tiga dari delapan tingkatnya dibangun vertikal untuk mengubah titik gravitasi menara yg telah melenceng kira-kira 5,1 meter dari desain semula. Walaupun sudah dikoreksi, menara itu tetap bergerak miring hingga sekarang, dan selalu akan lebih miring beberapa millimeter per tahun.

  21. Apabila seseorang berbicara, secara rata-rata akan mengeluarkan 300 tetes air liur dalam tiap menitnya, yaitu kira-kira 2.5 tetes tiap kata.
  22. Auman Singa dapat terdengar sejauh tiga kilometer
  23. Buaya tidak bisa menjulur dan menggerakkan lidahnya karena organ itu memang melekat pada rahangnya.
  24. Kopi, teh, minuman soda ternyata dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak kandungan kalsium dibandingkan dengan orang – orang yang jarang minum kopi ,teh atau minuman soda…
  25. Dalam keadaan istirahat manusia mengeluarkan 500 liter karbondioksida setiap 24 jam
  26. Ular tidak memiliki telinga, namun memiliki lidah yang sangat sensitif terhadap getaran udara. Dengan menjulurkan lidahnya ular menangkap suara dan bau, dan inilah indra paling utama bagi ular. Bunyi seruling yang dimainkan oleh para pawang ular di India tidak pernah didengar oleh ular. Ular tersebut cuma tertarik pada gerakan seruling yang dimainkan oleh sang pawang.
  27. Energi yang dihasilkan oleh satu biji kacang dapat mengaktipkan otak selama 1 jam.
  28. Dalam 18 bulan, 2 ekor tikus bisa punya lebih dari sejuta anak tikus!
  29. Otak bekerja lebih aktif ketika tidur dari pada ketika nonton TV
  30. Ketika baru lahir, kamu hanya memiliki 300 tulang. Seiring dengan bertambah besar, beberapa dari tulang ini mulai menyatu. Hasilnya? Orang dewasa memiliki hanya 206 tulang.
  31. Hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptra Musculus). Suara ikan paus biru lebih keras dari pada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras dari ledakan bom. Suara ikan tersebut adalah 188 desibel. Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin Jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Dengan suara sekeras itu, ikan Paus dulu pernah bisa berkomunikasi satu sama lain dalam radius 15.000 km? Paus menggunakan frekuensi rendah, sekitar 20 Heartz atau lebih rendah lagi, untuk berkomunikasi. Frekuensi ini nyaris tidak bisa didengar oleh manusia. Makanya kita gak usah khawatir berada dekat2 dengan ikan Paus. Frekuensi ini pula nyaris tidak diserap oleh lautan, oleh karenanya mereka dulu pernah bisa berkomunikasi hingga sejauh 15.000 km.
  32. Laut Mati yang terkenal itu adalah sebuah danau? Danau berair asin ini adalah danau terendah sekitar 400 m di bawah permukaan laut. Di musim panas, penguapan membuat air sangat asin sehingga seseorang tidak bisa tenggelam dan ikan apapun yang memasukinya akan mati seketika.
  33. Manusia ternyata berganti kulit seperti ular, kulitnya terbang seperti debu-debu.
  34. Kerusakan otak akan terjadi jika suhu badan meningkat melebihi 41 derajat celcius.
  35. Tempat paling dingin di dunia ternyata bukanlah di Kutub Utara atau Kutub Selatan, tapi Verkovank, Siberia, dengan suhu terendah yang pernah tercatat adalah sebesar 100 derajat di bawah nol!
  36. Buaya tidak bisa menjulur dan menggerakkan lidahnya karena organ itu memang melekat pada rahangnya.
  37. Batu ginjal terbesar yang pernah dikeluarkan dari seorang pasien adalah seberat 1.36 kg.
  38. Sebagian hewan ternyata mempunyai insting terhadap bencana yang akan terjadi. Ubur-ubur misalnya, tahu kedatangan topan 10/15 jam sebelum terjadi dan ini memberinya waktu untuk menyelam lebih dalam ke dasar laut. Orang Jepang gemar memelihara ikan emas karena ia dapat merasakan kedatangan gempa bumi. Ia memberi tanda datangnya gempa bumi dengan melompat keluar akuarium beberapa jam sebelum kejadian.
  39. Orang dewasa yang kuat bekerja akan menghasilkan keringat hingga mencapai 4 galon sehari. Tapi, kebanyakan keringatnya akan menguap sebelum mereka menyadarinya.
  40. Anjing menyejukkan badannya dengan cara menjulurkan lidahnya untuk mengeluarkan uap panas tubuhnya.
  41. Setiap manusia tidak dapat menjilat siku tangannya sendiri.
  42. Gak akan mungkin anda bersin sambil melek. Coba aja …
    Ketika bersin, semua organ dalam badan tidak berfungsi termasuk jantung.
  43. Diperkirakan 80% hewan di muka bumi adalah serangga.
  44. Tahukah anda? pasti ada beberapa pembaca mencoba mempraktekkan nomor 41:mrgreen:
  45. Tahukah anda? Kucingku melahirkan 3 ekor anak yang kuberi nama panther, zoro dan xena.
  46. Tahukah anda? jari saya dah lelah ngetik. rileks dulu …🙂

13 Responses to “Tahukah Anda … ?”


  1. 1 Febra
    Maret 5, 2008 pukul 5:48 am

    *pertamax*

    waduh..saya dak pernah e mencoba yang no 41, hehehehe😀

  2. 2 Febra
    Maret 5, 2008 pukul 5:49 am

    oh ya satu lagi :

    47. tahukah anda? kalau saya lumayan capek bacanya, hihihihi..tapi asik kok😎

    Capek baca, saya kira ga sia-sia kok.
    Ilmunya jadi bertambah khan..🙂

  3. 3 @dewi
    Maret 5, 2008 pukul 7:06 am

    He…he.. tahu aja kalo saya nyoba nomor 41. Tapi emang ga bisa ya…
    Kalo gajah bisa loncat, gimana ya…🙂

  4. Maret 5, 2008 pukul 10:46 am

    saya dulu pernah dapat yg ini
    http://nuritaputranti.wordpress.com/2007/08/23/kenyataan-menarik-di-sekitar-kita/

    Saya ambil dari sumber yang berbeda, tapi memang ada kesamaan tema🙂
    Btw, yang dikutip hanya beberapa yang saya sukai aja

  5. Maret 6, 2008 pukul 10:23 pm

    wew.. banyak juga yah yang baru kita ketahui.. hehe..

  6. 6 tux
    Maret 10, 2008 pukul 10:01 pm

    Alhamdulillah dapat ilmu baru.
    dan Subhanallah, karena mengagumkan.
    Kalau tertawa terbahak bahak, pernah, kalau lihat Anime atau film lucu, tapi jarang sih.
    Yang sering, ketik emoticon ini =))

    Nomor 7 dan 34 itu sama.
    Nomor 23 dan 36 juga sama.
    Nomor 16, sepertinya tidak semuanya deh, sampai saat ini saya yang memiliki tinggi badan 177 dan klulit yang seperti chinese ( banyak yang sering menyebut saya orang chinese ), saya belum mendapatkan penghasilan yang tinggi, penghasilan tertinggi yang pernah saya dapatkan 700ribu/bln (itupun hanya 3 bulan dan tidak tentu), rata rata 300ribu/bln.
    Semoga Allah Swt memberikan saya penghasilan yang men cukupi.
    Nomor 41, dulu sewaktu masih kecil pernah mencoba mempraktekan. =))
    Nomor 6, pernah saya baca di buku Iptek keluaran Pustaka Life, tapi lupa judulnya.
    Nomor 29, dulu sewaktu mau ujian, saya sering merekam bahan ujian, lalu saya dengarkan pakai walkman sambil tidur, agar ilmunya masuk secara tidak sadar.
    Nomor 45, wah saya sudah tahu tuh.😀
    Nomor 46, =)) =))

    just my 2 cent.😀

    Thakns broth …
    i can’t be expressed with words. speechless🙂
    You great ! you get the point 101 =D

    p.s. memang ada nomor yang isinya sama. Dah terlanjur jadi malas ngeditnya.
    Syukron koreksinya🙂

  7. Maret 12, 2008 pukul 2:29 pm

    Air Liur manusia dikatakan sangat mujarab untuk mengobati luka di kulit atau luka terbakar. Bukan cuman manusia. Hampir semua mamalia darat, air liurnya berfungsi sebagai zat yg mempercepat pembekuan darah. Makanya binatang apabila terluka akan dijilatinya.

    Bukan hanya untuk luka, orang tua saya menganjurkan menggunakan air liur basi [istilah mereka] untuk mengobati keseleo di sekitar leher karena salah posisi tidur😀

    Untuk menara Pissa yg miring itu, apa kemungkinan segera roboh jika tiap tahunnya mengalami penambahan kemiringan?🙄

    Wah.. saya dapat resep tradisional baru🙂 Terima kasih.
    Tentang menara di Pissa : jika tiap tahunnya mengalami penambahan kemiringan, tentu kita dapat memperkirakan kemungkinan untuk roboh. Namun, saya kira hal ini ga akan dibiarkan oleh pemerintah setempat. Coz ini kan salah satu keajaiban dunia🙂

  8. Maret 13, 2008 pukul 10:28 am

    tahukah anda? abis baca semua aku tetep aja ga tau🙄

    😮 masa sih ?

  9. Maret 16, 2008 pukul 8:30 pm

    Tahukah mba?
    kepala saya pusing baca segitu banyaknya (tapi kok akhirnya selese juga ya🙂 )…

    yang nomer 3 yang menurut saya paling menarik🙂

    Biar pusing, insya Allah ilmunya bertambah🙂
    Penggemar ikan ya… ?
    Moga aja outbondnya lancar ya…🙂

  10. Maret 18, 2008 pukul 3:01 pm

    baru tau kalo waktu yang diperlukan buat mulai merem sampe tidur itu adalah 7 menit. nah kalo insomnia? *itu kan laen ceritanya. hehe

    iya… ga pake hitungan menit, tapi pake jam mungkin🙂

  11. 11 tehaha
    Maret 18, 2008 pukul 3:47 pm

    wah ternyata energi kacang hebat juga yah..🙂
    salam kenal sesama blogger..

    Salam kenal juga🙂

  12. April 24, 2008 pukul 10:50 am

    heheeh posting yg bagus, tapi akan lebih bagus lagi kalau pake gambar🙂

  13. Agustus 6, 2008 pukul 1:27 pm

    Heuheuheu. Kyk pernh baca mbak artikel ini. Mayanlah, g semua situs terbaca oleh para peselancar situs.

    Saya juga korban copy faste. Saya comot biar yg laen jg tau. Ada hal2 yg hrz diketahui.

    Saya sich ga capek bacanya, biz online di hape sich. Heuheu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


a

Yang bersilaturahmi

who's online

%d blogger menyukai ini: