21
Des
07

Back To Nature “Herbal”

“Kembali ke alam” ini yang menjadi pilihan masyarakat modern sekarang ini dalam hal pengobatan. Pertumbuhan obat herbal sekarang lebih cepat dari obat modern. Diperkirakan pada 2010 pasar obat modern mencapai Rp 37,5 triliun dan obat herbal Rp 7,2 triliun. Masyarkat sudah banyak yang menyadari bahwa obat-obat kimia yang dihasilkan dari teknologi modern ternyata tidak sepenuhnya berdampak positif. Hal ini terkait dengan unsur-unsur kimia yang digunakan.

Akibatnya banyak yang beralih ke pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami yang berkhasiat obat atau yang dikenal dengan sebutan HERBAL. Sehingga tidak heran bila pasar obat herbal mengalami peningkatan yang cukup pesat.
Selain bersifat alami, tanaman herbal mudah ditemukan di lingkungan sekitar bahkan ada yang dijadikan sebagai tanaman hias. Tentu bagi mereka yang tahu jenis tanaman tersebut dan khasiatnya. Selain itu juga cara menanamnya pun cukup sederhana dan biaya yang dibutuhkan cukup murah.

 

Banyak yang meyakini bahwa obat herbal tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan karena terdiri dari bahan-bahan alami. Tapi, menurut saya tidak sepenuhnya benar. Sedikit banyak tetap mempunyai efek terutama dari segi khasiatnya. Misalnya obat yang berkhasiat untuk penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes, tentu akan mempunyai efek negatif terhadap orang yang mempunyai penyakit tekanan darah rendah.

Dengan contoh herbal misalnya sambiloto yang bisa menurunkan gula darah bagi penderita diabetes, tetapi tumbuhan ini mempunyai khasiat bisa meningkatkan selera makan. Tentu akan sangat riskan pagi penderita diabetes yang makanannya harus dijaga.

Tapi… keuntungannya herbal disini, banyaknya bermacam- macam tumbuhan yang berkhasiat obat yang dapat kita pilih yang dapat disesuaikan dengan efek samping dari sakit yang diderita. Misalnya seperti penyakit diabetes, bila menggunakan sambiloto akan memberikan efek samping. Maka dapat dicari alternatif lain. Misalnya dengan rebusan kayu manis.

Dalam metode pengobatan cara Nabi juga menggunakan bahan-bahan alami. Diantaranya madu, habbatus sauda (jintan hitam).
Ibnu Sina di dalam bukunya Canon of Medicine menyatakan Habbatus sauda …… merangsang tenaga dan membantu pemulihan kepenatan dan semangat.
Ibnu Qayyim di dalam bukunya Medicine of the Prophet menyatakan Habbatus sauda berupaya memulihkan penyakit-penyakit seperti batuk, bronchitits, masalah perut, kecacingan, masalah kulit seperti jerawat, sakit senggugut dan haid yang lain, menambah susu badan, menambah pengaliran air liur dan sebagainya.

Rasulullah bersabda : “Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.” (HR. Muslim)

Dari `Aisyah radhiyallahu `anha, Rasulullah bersabda : ” Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini adalah obat dari segala penyakit, kecuali as-Saam”. Aku berkata (Perawi hadits ini, yakni Khalid bin Sa’ad): “apa itu as-Saam?” dijawab (yakni oleh Ibnu Abi Atiq): “Kematian”. (HR. Bukhari)

Yang ingin mengetahui tentang Habbatus sauda, silahkan klik disini


5 Responses to “Back To Nature “Herbal””


  1. 1 RIO
    Desember 21, 2007 pukul 10:11 am

    Kalo kena flu, ibu membuatkanku obat tradisional. Alhamdulillah sembuh🙂

  2. Desember 21, 2007 pukul 2:15 pm

    Yang buatin ibu sih. Kahasiat ramuannya efektif disertai kasih sayangnya yang memberi ketenangan🙂
    jadi sugesti🙂

  3. Desember 22, 2007 pukul 12:18 am

    bikin Kaleidoskop-Blog™ yuk… Liat contohnya di
    http://alief.wordpress.com/🙂

  4. Maret 6, 2008 pukul 5:44 pm

    Assalamu’alaikum,

    Saya ingin menawarkan kapsul miyak habbatus sauda HerbaNabiku harga Rp. 35.000,-/botol isi 60 kapsul.
    Skema Diskon :
    Beli 30 botol disc 30%,
    Beli 60 botol disc 40%
    Beli 100 botol disc 45%
    Beli 150 botol disc 50%

    Ongkos kirim GRATIS.
    – Jabodetabek via JNE.
    – Lainnya via Paket Pos Biasa.

    Silakan klik http://herba-nabiku.blogspot.com

    Terima Kasih
    Hery Setiawan
    0811 986758

    Minyak habbatus sauda adalah ekstrak dari biji habbatus sauda.
    Khasiat habbatus sauda hanya bisa didapat dari ekstrak minyak karena kalau dibandingkan 1 kapsul minyak = 40 kapsul biji habbatus sauda, disamping itu minyak aman dari residu/sisa yang mengendap di ginjal.

  5. 5 herbaqu
    Agustus 21, 2008 pukul 6:52 am

    ingin sehat alami baca semua di http://herbaqu.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


a

Yang bersilaturahmi

who's online

%d blogger menyukai ini: