05
Des
07

Pernahkah Anda Mengantuk Setelah Makan ?

Setiap orang pasti pernah merasakan mengantuk setelah makan, walaupun hanya sekali dalam hidupnya. Rasa kantuk yang menyerang biasa disebut gejala food coma. Yaitu rasa kantuk yang menyerang setelah makan kenyang.

Gambarannya seperti ini: tubuh kita berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan yang telah kita kunyah sebelumnya. Jika kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar, otomatis tubuh kita akan bekerja ekstra keras. Ujung-ujungnya tubuh terasa lelah dan mengantuk.

Masa produktif manusia berkisar dari pagi hari sampai menjelang waktu makan siang. Setelah makan siang, produktivitas kita biasanya segera menurun. Padahal tubuh terisi penuh makanan, tetapi kenapa malah produktivitas menurun ?
Menurut ahli nutrisi Dr. Allan Spreen, yang harus dilakukan adalah menyesuaikan waktu makan dengan bioritme tubuh kita. Kita biasanya memiliki jadwal mkan rutin yaitu waktu mkan utama adalah sarapan pada jam 8.00, makan siang pada jam 12.00 dan makan malam pada jam 19.00. Dengan jadwal makan seperti ini, food coma sering terjadi pada jam 10.00 (2 jam setelah sarapan), jam 14.00 (2 jam setelah makan sian) dan jam 16.00 (3 jam sebelum makan malam). Sehingga dua jam setelah waktu sarapan dan makan siang, tubuh terasa lebih lemah dan mengantuk akibat aktivitas seluruh tubuh mengolah dan menyerap makanan. Sementara tiga jam sebelum makan malam, tubuh terasa lemas akibat kadar gula darah yang menurun.Agar tetap fit dan tidak mengantuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Jangan lewatkan sarapan pagi. Tanpa sarapan, tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas sampai siang.
  • Hindari makanan yang mengandung gula cukup tinggi seperti tart, coklat. Karena makanan yang berkalori cukup tinggi akan menimbulkan rasa kenyang.
  • Khusus untuk makan siang pilihlah porsi sedang, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.
  • Sambil menanti waktu makan malam, kita bisa makan cemilan atau mengulum permen yang berfungsi mencegah penurunan kadar gula dalam tubuh. Tidak perlu ngemil banyak, asalkan perut tetap dalam kondisi terisi (bukan penuh).


7 Responses to “Pernahkah Anda Mengantuk Setelah Makan ?”


  1. 1 Kiwil
    Desember 5, 2007 pukul 9:18 pm

    Makan siang dengan porsi sedang + cemilan😀. Nah tu baru cukup bwtku

  2. Desember 6, 2007 pukul 11:42 am

    biasanya abis makan siyang trus bobo siyang😳

  3. 3 Balilung
    Desember 7, 2007 pukul 1:32 am

    Wah…kalo habis makan trus bobo siyang aku atuuut, ntar perutku bisa gendut:mrgreen:

  4. Desember 7, 2007 pukul 2:53 am

    Di kantor kalo ngantuk habis makan siang, ga bisa tidur. Bisanya main game aja sampe ni mata mau melek lagi😉

  5. Desember 7, 2007 pukul 3:39 am

    makan tidur makan tidur, itu hobi saya
    *ngelirik bentuk badan saya*

  6. Desember 12, 2007 pukul 10:45 am

    Waduh…
    Olive-chan, saya ga biasa sarapan, gmn tuh? Sejak SMP saya biasa dgn ritme makan cm 2x: siang ama malam. Sebab SMP saya (n SMA saya juga) masuk pagi bgt; jm 06.30…😐
    Terbawa-bawa sampe umur bangkotan…😈

  7. Desember 13, 2007 pukul 1:49 am

    Memang ada sejumlah orang yang punya kebiasaan tidak sarapan yang kebanyakan dengan alasan “tidak sempat”. Sehingga ada sebagian yang merasa tidak lapar hingga menjelang makan siang.
    Tetapi, AFAIK : sarapan merupakan kunci pembuka aktivitas seseorang sepanjang hari dimana asupan energi di pagi hari didapat dari sarapan. Dari sebuah penelitian, kurangnya asupan energi di pagi hari dapat mengakibatkan anemia (kurang darah) dan kurang zat gula dalam darah. Sehingga ini dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Gejalanya seperti suka pusing, susah konsentrasi dan mudah lelah/mengantuk.
    Memang kadang ada yang merasa sakit perut saat sarapan pagi. Kita tentu dapat memilih saat yang tepat sehingga tidak mengejutkan perut. Misalnya sarapan sekitar jam 08.00 – 09.00 pagi. Sarapan pagi tidak harus makanan berat. Segelas susu/sereal sudah termasuk sarapan😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


a

Yang bersilaturahmi

who's online

%d blogger menyukai ini: