25
Nov
07

Tips Baterai HP Amut

Lagi jalan-jalan ke dunia maya dan dunia nyata, trus dapat trik untuk jagain hp kecayangan biar amut (awet muda). Sekalian pengen bagi –bagi juga sama yang baca😉1. Apapun jenis baterainya, proses pengisian pertama sangat menentukan usia pemakaian baterai. Karena saat itulah kita sedang mengaktifkan seluruh sel dalam baterai agar berfungsi maksimal. Bila menggunakan baterai jenis nikel (NiCad atau NiMH) sebaiknya pengisian pertama agak lama (10 jam), karena jenis ini mampu menyimpan energi. Sedangkan bila baterainya Li-on (Litium) mungkin cukup 4 jam saja.

2. Sebaiknya, saat melakukan pengisian (charger), hp dalam keadaan off. Hal ini agar pengisian berjalan sempurna. Jika hp menyala akan terjadi arus masuk dan keluar secara bergantian, yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai. Ini juga mengakibatkan terjadinya memory effect (terus berkurangnya daya simpan) pada baterai. Apalagi saat mencharge, hp kita gunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.

3. Dalam proses pengisian ulang, antara baterai lithium dan nikel memiliki perbedaan. Untuk baterai jenis Lithium, bisa diisi kapan saja tanpa harus menunggu isi benar-benar habis. Sedangkan untuk baterai jenis nikel, harus menunggu isinya benar-benar habis, sampai tak bisa lagi dipakai.

4. Jangan terlalu sering menghidupkan dan mematikan hp. Saat menghidupkan hp, ponsel membutuhkan energi lebih besar saat mencari jaringan operator. Akibatnya bila hp sering on-off akan mengakibatkan hp cepat drop. (jadi ingat seorang adek yang kalo dia tidur malam, hpnya juga tidur :-D).

5. Saat pengisian, bila baterai sudah penuh, segera cabut chargernya. Karena ini dapat menyebabkan baterai cepat rusak. Ciri-cirinya biasanya kondisi baterai agak melembung, tidak datar seperti baterai yang masih bagus.

6. Bila kondisi listrik saat mencharger tidak stabil sebaiknya gunakan stabilizer. Karena, arus yang tidak stabil masuk ke dalam baterai, akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen baterai.

7. Bila hp dilengkapi dengan radio dan kamera, jangan sering digunakan. Krena ini dapat mempengaruhi kualitas baterai.

8. Jangan meletakan hp di dekat barang elektronik, seperti TV, komputer. Karena keduanya bisa saling merusak akibat gelombang elektromagnetik yang dipancarkan kedua benda tersebut. (Ini nih yang sering terjadi, lagi kerja trus dapat sms :-))


3 Responses to “Tips Baterai HP Amut”


  1. Juli 3, 2008 pukul 9:49 am

    review yg bagus🙂
    cukup berguna. dulu saya punya hp dengan batrai nikel,
    hp sekarang pake lithium.. jadi lebih ngerti dengan penjelasannya ..
    thanks y
    ‘lam kenal dari Bandung🙂

  2. Oktober 19, 2010 pukul 9:46 pm

    mantapz … memang sangat berguna artikel anda, saya cuma ingin menambahkan , ada baiknya apabila anda ingin membeli baterai handphone, tapi yang original pasti mahal , oleh karena itu, tips membeli baterai handphone lebih murah dari original dan dengan kualitas cukup bagus, ada baiknya anda jangan membeli yang namanya batere hp KW, belilah batere hp yang bermerk, apalagi batere yang bermerk dan ada banyak iklan nya di setiap majalah atau tabloid, biasanya batere hp ber merk, akan selalu menjaga kualitas dan dengan harga lebih murah dari pada yang original, jaman sekarang batere hp KW atau batere hp palsu yang murah kualitas nya rendah, tidak akan tahan lama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


a

Yang bersilaturahmi

who's online

%d blogger menyukai ini: