12
Apr
08

Membuat Termometer

Pendahuluan

Seorang teman jauh menceritakan kepada saya kalo putranya yang sedang duduk di kelas 5 SD lagi senang-senangnya ber-experimen tentang Sains. Menurutnya, si anak menjadi lebih paham dengan melakukan praktek langsung. Trus teman saya ini meminta saya untuk mencarikan artikel-artikel tentang praktek-praktek sains. Tapi jangan kirim via imel, tulis saja di blog, agar bisa saling share katanya.

Bagi saya saran tersebut sangat bagus, dan Alhamdulillah saya merasa mendapat ilmu baru tentang suatu pembelajaran. Kemudian saya mencoba mencari bahan-bahan berkaitan dengan praktek Sains di perpustakaan. Alhamdulillah saya menemukan beberapa dan salah satunya yang saya tulis ini. Praktek yang lainnya insya Allah menyusul. Saya belum tanya ke paman Google. Kalo ada yang tahu info tentang praktek Sains, mau dong dishare :-)
Buat si “calon proffesor” semoga praktek yang sangat sederhana ini bermanfaat :-)


Praktek

Bahan :
Botol plastik (aqua) bening 330 ml
Air
Alkohol
Sedotan
Plastisin/tanah liat
Pewarna makanan

Cara membuat :
Isi ¼ bagian botol dengan jumlah yang seimbang antara air dan alkohol. Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan.
Masukan sedotan ke dalam botol, tetapi jangan sampai menyentuh dasar botol.
Gunakan plastisin atau tanah liat untuk menahan sedotan di leher botol sehingga sedotan tetap pada tempatnya. (pastikan sedotan tidak menyentuh dasar botol).
Letakkan tanganmu di dasar botol dan amati larutan bergerak naik melalui sedotan

Mengapa bisa begitu ?

Seperti termometer pada umumnya, larutan akan mengembang bila dipanaskan. Hal ini membuat larutan tidak lagi cukup ruang di dasar botol. Ketika alkohol mengembang, cairan berwarna bergerak naik melalui sedotan. Jika botol dalam keadaan sangat panas, kemungkinan cairan tersebut akan naik ke atas dan tumpah melalui ujung sedotan.

“Bersahabat dengan cuaca” (Buku pintar Sekolah Dasar)


48 Responses to “Membuat Termometer”


  1. April 14, 2008 pukul 3:37 am

    wah..dah siap jadi penemu nih :cool:

  2. April 14, 2008 pukul 8:25 am

    cool post. nanti anakku tak jak praktek. thanks.

  3. April 14, 2008 pukul 10:14 am

    menarik mbak,
    wah sayang nggak ada ponakan di sini, ntar bisa langsung dipraktekin. klo saya praktekin sendiri kan nggak lucu :mrgreen:

  4. April 14, 2008 pukul 11:31 am

    oooo…jadi suhu udara terdeteksi dari lobang sedotan yang ada diatas ya…

  5. April 14, 2008 pukul 10:13 pm

    ini alumni STMIK pontianak juga yah..?

  6. April 15, 2008 pukul 12:12 pm

    @ Febra
    Semoga …. :-)

    @ Latree
    Iya bu, biar semakin paham tentang prosesnya

    @ herr
    Praktek sendiri juga gpp mas, coz ga semua orang tahu proses yang terjadi pada termometer. Anak tetangga ato anak ibu kost kan gpp kalo memang ada yang masih sekolah :-)

    @ ashardi
    Dari keterangan, suhu terdeteksi dari botol tersebut (saat tangan memegang botol).

    @ Freddy Hermawan
    Iya neh…

  7. April 15, 2008 pukul 2:42 pm

    wow… perlu di coba :D lumayan kalo aku demam, bisa dipake
    *membuktikan kalo sma ini aku anak ipa*

  8. 8 desmeli
    April 15, 2008 pukul 3:16 pm

    wah..jadi nambah ilmu nih..

    **saingan sama si kecil :P **

  9. April 15, 2008 pukul 4:01 pm

    Tau derajat suhu tubuhnya brapa celcius gitu gimana?
    Saya dengan rumah di daerah deket kaliurang sering demam nih…hehehe

  10. April 16, 2008 pukul 2:27 pm

    @ otakiphan
    Kalo nyoba ntar, jangan lupa diberi pangukur suhunya ya…

    @ desmeli
    Alhamdulillah bermanfaat :-)

    @ citra
    Dekat kaliurang berarti suhunya adem dunk.
    Sayang sekali..ini hanya percobaan sederhana untuk anak-anak. Jadi.. kalo mo tahu derajat suhunya, bisa ditambahkan/ditulis pada pipetnya.

    @ tony
    Semoga bermanfaat

  11. April 23, 2008 pukul 7:33 pm

    AFAIK, ini lebih cocok sebagai termometer ruangan, bukan termometer badan.
    karena kurang sensitif dan gak cocok lah :D
    AFAIK, dulu sepertinya pernah bikin yang kayak ginian, maklum terobsesi sama “MacGyver”, jadi suka buku Sains. :D

    Ini kan hanya sekedar percobaan buat anak-anak mas, agar mereka tahu prosesnya :-) . Beruntung punya teman yang senang baca tentang pengetahuan sains, banyak ilmu yang bisa dishare :-)

  12. April 25, 2008 pukul 8:58 am

    Meskipun buat anak anak, tapi masih tetap bisa dimanfaatkan kok, tapi hanya sebatas pengukur suhu ruangan saja. :D

    Yup. Tapi kalo di kamarq ga naik-naik cairannya coz suhunya adem, he..he..

  13. April 27, 2008 pukul 11:02 am

    Itu juga karena sedotannya kurang kecil, pada termometer sesungguhnya, diameter pipa buat air raksa sangat kecil, kira kira sekecil lubang jarum, mungkin lebih kecil lagi sih. :P
    Jadi coba ganti sedotannya dengan sedotan yang diameternya lebih kecil, sehingga perubahannya akan lebih terlihat. :D

  14. April 30, 2008 pukul 12:19 am

    Itu pewarna nya setelah ditetskan lalu diaduk atau dibiarkan begitu saja? Lagi gak da keponakan nih di sini

    Diaduk-aduk. ujuannya agar kelihatan warnanya saat berada di dalam sedotan, sehingga kita dapat mengetahui saat cairannya naik.

  15. 16 reza syawaludin
    Agustus 8, 2008 pukul 1:30 pm

    makasih atas pemberitahuannya saya sgt terbantu terimakasih

  16. 17 annisa ftriyani
    Agustus 18, 2008 pukul 7:02 pm

    kenapaya saya sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi tetap saja gagal apakah anda mempuyai saran untuk saya supaya saya berhasil dalam menjalankan tugas

  17. 18 annisa ftriyani
    Agustus 18, 2008 pukul 7:06 pm

    maaf pertayaan yang saya ucapkan tadi salah boleh kah saya bertaya lagi berapa persenkah alkohol yang harus digunakan untuk membuat termometer sederhana tolong anda jawab terimakasih

    Karena ini hanya sebuah percobaan sederhana, saya kira kadar 70 % atau yang lebih juga bisa :-)

  18. 19 cantik
    Agustus 19, 2008 pukul 7:07 pm

    1 saya ingin bertanya mengapa tangan yang telah di celupkan kedalam air hangat kemudian di masukan kedalam air ledeng terasa sejuk?
    2 mengapa tangan yang telah di celupkan ke dalam air dingin kemudian di masukan kedalam air ledeng terasa hangat?
    3 mengapa tangan tidak dapat di gunakan untuk mengukur suhu secara tepat?

  19. Agustus 20, 2008 pukul 3:01 pm

    He..he.. saya ini bukan orang sains lho, hanya sekedar penggemar. Tapi akan coba saya jawab sesuai yang saya tahu. IMHO :
    Pusat pengatur suhu tubuh kita terletak di bagian otak tepatnya di bagian hipotalamus. Di bagian ini terdapat reseptor (penangkap, perantara) yang sangat peka terhadap suhu. Kulit kita mengandung reseptor panas dan dingin. Kedua reseptor ini akan menanggapi rangsang dengan kuat ketika pertama kali diaktifkan. Sementara itu tubuh kita akan terus mempertahankan untuk selalu dalam suhu normal. Sehingga bila suhu lingkungan dingin, maka tubuh akan mengeluarkan panas, begitu juga jika suhu lingkungan panas, maka tubuh akan melepaskan panas. Saat tangan di dalam air panas, suhu di tangan akan menyesuaikan dengan melepaskan panas . Saat di dalam air hangat, reseptor dingin di tangan diaktifkan untuk pertama kali sehingga reseptor dingin menanggapi lebih kuat daripada reseptor panas. Untuk jawaban nomor dua, reseptor panas menanggapi rangsang lebih kuat dari pada reseptor dingin.
    Maka dari itu, sebenarnya kalo anak demam panas, menurut dokter baiknya dikompres atau dimandikan dengan air hangat agar suhu panas di tubuhnya menurun :-)
    Kalo nomor 3, IMHO: Karena tingkat metabolisme dan mekanisme sirkulasi darah tiap individu bervariasi, seseorang yang memiliki metabolisme tubuh rendah atau sedang sakit tentu akan lebih peka bila meraba seseorang yang suhu tubuhnya tinggi daripada yang metabolisme tubuhnya normal.
    CMIIW ya ;-)

  20. 21 leen
    Agustus 28, 2008 pukul 5:48 pm

    makasi,,gw jdy bsa kerjaen project^^

  21. 22 Irene
    September 29, 2008 pukul 12:26 pm

    ada yg tau ga.. kalo rentang suhunya termometer digital dan termometer lab.. tolong yha.. butuh bgt…. truz, keterangan termometer ruangan yaha… thx…

  22. Oktober 5, 2008 pukul 10:48 am

    @Irene
    Rentang suhu dari termometer digital itu macem macem, jadi tergantung termometer digital nya, ada termometer digital buat ngukur suhu badan, ada termometer digital buat mengukur suhu mesin, dst.
    CMIIW

  23. Maret 18, 2009 pukul 3:59 pm

    akohol dibagian mana?! atas atau bawah?!

  24. Maret 18, 2009 pukul 4:13 pm

    cepat dibalas karena saya mau ujian praktek hari jum’at!!

  25. 26 050997
    April 14, 2009 pukul 10:22 pm

    tKz, yH!!!
    Q bS dPt BaHan uJiAn PrAkTeK gW bSk……

  26. April 15, 2009 pukul 1:53 pm

    aq juga mau mulai mencobanya,aq ingin menciptakan hal2 yang baru lagii…..

  27. 28 Ikha cute
    April 18, 2009 pukul 5:03 pm

    q dah mencobanya..dan ternyata berhasil..yess
    minggu depan kemungkinan bakal jadi percobaan sederhana yang ku ujikan di didepan dosen..doakan berhasil yah..:D

  28. 29 RIO AJI PAMUNGKAS
    Oktober 12, 2009 pukul 2:51 pm

    HEI, mAcAsIH aTas BimBINGAnNYA! BOLEH gAk KiTA bErTeMAN?

  29. 30 natashya
    Oktober 13, 2009 pukul 8:12 pm

    paz bgt bwat tgas fisika gw…..
    mringankn bban….thx :)

  30. 31 amira
    April 3, 2010 pukul 9:23 pm

    saya coba2 ,tp kok g naek2 y cairan’a?hehe
    gmn ni mas?kalah sama anak kecil…mnta petunjuk’a donk..

  31. Agustus 3, 2010 pukul 4:29 pm

    hahaha lumayan buat ngerjain tugas FISIKA….

  32. 33 baktiutomo
    Agustus 15, 2010 pukul 8:20 pm

    hahaha lumayan buat ngerjain tugas FISIKA….paz bgt bwat tgas fisika gw…..
    mringankn bban….thx :) ^_^ :]|

  33. 34 DMS
    September 24, 2010 pukul 3:36 pm

    makasih informasinya.. bermanfaat buat tugas fisika. tapi ini gue mesti ditrnslate lagi ke bhs inggris, soalnya bilingual

  34. Februari 13, 2011 pukul 7:01 pm

    alkoholnya mesti yang brp persen?????? gpp bebas juga????

  35. April 15, 2011 pukul 10:06 am

    Terima kasih ya udah share prakter sains ini, sangat bermanfaat buat anak saya kls 6 SD sebagai referense praktek sains

  36. September 28, 2011 pukul 3:54 pm

    gua kasik nilai lo 100
    bahkan lebih

  37. 42 Aditiya Pratama
    Oktober 6, 2011 pukul 6:45 pm

    hebat buat ilmu moga moga berhasil saat aku coba

  38. November 24, 2011 pukul 8:46 am

    Waw keren bukan anak sains tapi bisa membuat termometer sederhana

  39. Desember 11, 2011 pukul 5:20 pm

    Alhamdulillah ka sangat berman faat bagi saya..
    besok saya ada ujian praktek sains..
    saya akan menggunakan ilmu ini untuk besok..
    makasih ya ka..
    ^o^

    oh iya ka, ada yang mau saya tanyain,
    hmm, kalau air dan alkohol itu yang pertama di masukkan apa ya ka ??

    mohon di jawab di pesan FB saya ya ka.. :)
    makasih ka.. :D

  40. 46 amun
    Januari 5, 2012 pukul 8:51 am

    Saya mau bantu jawab
    Setahu saya kalo mau masukkan air dulu atau alkohol dulu juga ga masalah. karena berat jenisnya berbeda keduanya tidak akan menyatu :-)
    Mau membuat termometer juga ada disini http://adf.ly/4Y8yK . klik “lewati” langsung deh ke TKP :-)

  41. Maret 29, 2012 pukul 6:26 pm

    bagus juga tuh kalo di coba!!


Tinggalkan Balasan

a

Yang bersilaturahmi

who's online

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

